Tuesday, 22 March 2016

Makalah IBD



MAKALAH
ILMU BUDAYA DASAR


TEROMPANG PANJANG(BAKIAK)” 



Disusun Oleh :
Fahrul Andrian (52415391)

KELAS : 1IA09

FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
Mata Kuliah : ILMU BUDAYA DASAR
Dosen : Ibu SRI HERMAWATI








Kata Pengantar

   

   Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT karena dengan rahmatnya akhirnya penyusun dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini. Makalah ini di buat untuk memenuhi tugas mata kuliah permainan.
   
Dalam makalah ini, penulis akan sedikit menjelaskan tentang "TEROMPAH PANJANG (BAKIAK )”.
  
 Penyusun menyadari bahwa makalah ini jauh dari kesempurnaan dan di susun dalam berbagai keterbatasan. Maka dari itu, penyusun mengharapkan kritik dan sarannya yang bersifat membangun, sehingga mendorong kami untuk bisa memperbaikinya.
  
 Penyusun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini sehingga dapat terselesaikan dengan baik dan lancar.
    Penulis berharap makalah ini bermanfaat, khususnya bagi penyusun dan umumnya bagi siapa saja yang membacanya. Amin.



            






                                                                                                  Jakarta,    Maret 2016


                                                                                                           

                                                                                                             Penyusun

i








DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR .....................................................................................  i
DAFTAR ISI ...................................................................................................  ii
BAB I PENDAHULUAN .................................................................................1
I.1 Latar Belakang .............................................................................................1
I.2 Rumusan Masalah ......................................................................................1
1.3 Tujuan ..........................................................................................................1
1.4 Manfaat Penyusunan Makalah ................................................................1
BAB II PEMBAHASAN ..................................................................................2
BAB III PENUTUP ..........................................................................................3
III.1 Kesimpulan ...............................................................................................3
III.2 Saran ........................................................................................................3




ii












Bab I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Pendidikan jasmani merupakan suatu pelajaran yang mengajarkan peserta didik bagaimana cara untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Bahkan bukan bagaimana cara mendapatkan tubuh yang sehat saja, tetapi bagaimana cara untuk mendapatkan dan mencapai keadaan tubuh yang segar. Tubuh dikatakan telah mencapai kesegaran apabila mampu melaksanakan aktifitas dalam waktu yang lama, penuh waspada, tidak lelah, dan masih menyimpan energi dalam keadaan darurat / emergency.
Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tubuh yang segar yaitu dengan melakukan permainan tradisional seperti “Terompah Panjang (Bakiak)”.  Dan salah satu manfaat dari permainan ini adalah membuat tubuh jadi lebih segar. Untuk mendapatkan tubuh yang segar, dalam permainan ini mengutamakan kerja sama atau kekompakan dari setiap kelompok.

1.2 Rumusan Masalah
1     1. Kurangnya pengetahuan nilai-nilai yang terkandung dalam permainan tradisional “Terompah Panjang (Bakiak)”
2       2. Ketidaktauan manfaat setelah mempraktekkan permainan tradisional “Terompah Panjang (Bakiak)”

1.3 Tujuan
Makalah ini dibuat bertujuan agar mahasiswa dapat:
·        1.  Mengetahui cara melakukan permainan tradisional “Terompah Panjang   (Bakiak)”
·        2.  Mempraktekkan permainan tradisional “Terompah Panjang (Bakiak)”
 
1.4    Manfaat Penyusunan Makalah
Diharapkan penyusunan makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua dalam rangka menciptakan suatu konsep kebudayaan yang berkualitas sebagai bentuk pengabdian kepada negara Indonesia.




 1





Bab II
PEMBAHASAN
2.1  Dampak kurangnya pengetahuan nilai-nilai dalam permainan tradisional
a1.   Nilai afektif
Nilai afektif adalah nilai keaktifan dalam melaksanakan permainan ini. Nilai afektif yang baik saat anggota serius dalam bermain dan melaksanakan tugas dengan baik dan benar.

b2.   Nilai kognitif
Nilai kognitif adalah nilai tertulis berdasarkan penguasaan materi. Dinilai baik apabila anggota mengerti aturan main dan memahami perannya dalam permainan.

c3.   Nilai psikomotor
Nilai psikomotor adalah nilai prilaku dalam permainan. Nilai ini berupa kehadiran dan mentaati peraturan bermain. Psikomotor yang baik harus melaksanakan permainan sesuai peraturan permainan.

2.2  Ketidaktauan manfaat setelah mempraktekkan permainan tradisional
a1.   Nilai budaya
Dalam hal ini kekompakan yang paling utama. Bagaimana kita bisa saling bersama-sama melangkahkan kaki kita dengan teman yang ada di belakang kita. Selain itu diperlukan konsentrasi yang kuat agar tidak terjatuh.

b. 2.   Konsekuensi kalah menang
Dalam permainan ini setiap kelompok berlomba untuk mencapai kemenangan di samping mendapatkan hadiah bagi pemenang, juga didorong rasa kebanggaan untuk memperoleh kedudukan sebagai anak yang dianggap terbaik. Hal inilah sebenarnya yang mendorong diri anak itu untuk berusaha mencapai kemenangan. Jelas biasanya anak yang menang itu mempunyai keterampilan yang patut dikagumi, yaitu kekompakkan dalam satu kelompok dan para pemain dapat berlari dengan cepat,serta para pemain mempunyai daya tahan fisik yang baik. Apalagi permainan ini disaksikan oleh orang banyak. Agar permainan ini lebih ramai dan menarik kepada anak-anak diberikan motivasi sehingga mengaktifkan  anak-anak. Kelompok yang kalah dalam melaksanakan permainan ini di beri hukuman seperti skot jump atau dengan hukuman yang lain.





2






BAB III
PENUTUP

3.1  Kesimpulan
Permainan “Terompah Panjang (Bakiak)” ini dilakukan oleh kelompok yang terdiri atas 3 atau 5 orang yang. Siapa yang pertama sekali berada di ujung lapangan, maka kelompok itulah yang memenangkan permainan.

3.2   Saran
Setiap pemain/kelompok harus dalam keadaan yang baik dan mampu untuk berlari dengan cepat agar dapat memenangkan permainan serta mengutamakan kekompakan. Sebelum bermain sebaiknya dilakukan peregangan terlebih dahulu agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Di dalam melakukan peregangan diharapkan untuk melakukannya dengan serius agar permainan dapat berjalan dengan lancar.
Di dalam melakukan permainan, pemain haruslah bersikap jujur. Apabila ketahuan melakukan pelanggaran, maka kelompok tersebut akan didiskualifikasi.






3










DAFTAR PUSTAKA

Abu Ahmad, Nur Uhbiyati, (2001), Ilmu Pendidikan, Jakarta : PT Rineka Cipta
Hadari NAwawi, (1989), Administrasi Pendidikan, Jakarta : Mas Agung
Sidarta, Prof. Dr. Made. 2004. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.




4
Sotjipto, Raflis Kosasi, (1999), Profesi Keguruan, Jakarta : PT Rineka Cipta

No comments:

Post a Comment